Minggu, 25 Oktober 2015

Sejarah Bola Kasti

Pengertian Dan Sejarah Bola Kasti
A.   Pengertian Permainan Bola Kasti
Permainan kasti merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang sangat popular di Indonesia. Pada beberapa acara nasional permainan ini pernah dipertandingkan
Kasti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu.kasti merupakan bentuk permainan tradisional yang mengutamakan beberapa unsur yaitu kekompakan,ketangkasan, dan kegembiraan. Permainan ini biasa dilakukan dilapangan terbuka, pada anak-anak usia sekolah dasar,permainan ini bisa melatih kedisplinan diri serta menumpuk rasa kebersamaan dan solidaritasantar teman.
Agar bisa bermain kasti dengan baik kita dituntut memiliki beberapa keterampilan yaitu memukul, melempar, dan menangkap bola serta kemampuan berlari. Kasti dimainkan dua regu yaitu regu pemukul dan penjaga. Permainan kasti sangat mengandalkan kerja sama dalam satu regu.
                                ·            5 posisi pemain dalam permainan bola kasti :
1.     Pemukul

Setiap pemain berhak memukul satu kali kecuali pemain terakhir berhak memukul tiga kali. Sesudah memukul, alat pemukul harus diletakkan didalam ruang pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan diluar, maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika ia segera meletakkannya didalam ruang pemukul. Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul.
Tiap pemukul bola mempunyai kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball. 3 kali strike akan membuat pemukul bola mati “Strike Out”. Dan apabila 4 kali ball maka pemukul bola diperbolehkan jalan bebas enalty marka satu (free walk). Ada beberapa jenis pukulan yaitu : Hit, Bunt, hit and run, Steal dan lain-lain. Tergantung situasi yang terjadi saat itu.
2.     Penjaga
penjaga bertugas mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul. Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika kosong.
3.     Pelambung
Pelambung bertugas melambungkan bola sesuai permintaan pemukul jika bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai permintaan pemukul, maka pemukul boleh untuk tidak memukulnya jika ini terjadi tiga kali berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang perhentian pertama.
4.     Penangkap Bola ( Catcher )
Posisi penangkap bola adalah jongkok di belakang pemukul bola. Seorang pelempar bola dan penangkap bola diharuskan memiliki komunikasi yang baik dengan isyarat-isyarat untuk bekerja sama mematikan seorang pemukul bola. Seorang penangkap bola adalah pengatur strategi yang baik, karena dalam pertandingan penangkap bola dapat melihat seluruh situasi yang terjadi di depannya.
5.     Penjaga
Tim bertahan memiliki 7 orang penjaga (fielder) yang terbagi dalam 4 penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder). Bagian dalam yaitu penjaga markas satu (pertama), penjaga markas dua (kedua), Penjaga antara markas dua dan tiga (shortstop), dan penjaga markas tiga (ketiga). Sedangkan penjaga luar terdapat di sebelah kiri (penjaga kiri), tengah (penjaga tengah), dan kanan (penjaga kanan). Semua penjaga (termasuk pelempar bola dan penangkap bola).

B.   Sejarah Permainan Bola Kasti
Kasti Hampir sama dengan Softball. Permainan sofbol lahir berasal dari enalt Amerika Serikat. Diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887.
Sejarah Permainan Kasti Telah Bermain Di Inggris Sejak Zaman Tudor, dengan referensi awal berada di 1744 di Pretty Pocket-Book kecil di mana itu disebut “dasar-bola” oleh John Newbery. Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan edisi kedua Sendiri Buku The Boy, yang mencakup aturan kasti dan yang berisi deskripsi dicetak pertama dalam bahasa Inggris dari pemukul dan bola dasar-menjalankan permainan yang dimainkan di berlian. Tahun berikutnya, buku ini diterbitkan di Boston, Massachusetts , Yang pertama aturan nasional diformalkan disusun oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia pada tahun 1884..
Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Di Inggris itu diatur oleh Rounders Inggris, yang dibentuk pada tahun 1943. Sedangkan dua asosiasi yang berbeda, mereka berbagi elemen yang sama bermain game dan budaya. Kompetisi diadakan antara tim dari kedua tradisi, dengan permainan bergantian antara kode dan satu versi yang dimainkan di pagi hari dan yang lain di sore hari. Setelah aturan kasti yang diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool dan Skotlandia pada tahun 1889. Baik ‘New York permainan’ dan versi ‘Massachusetts permainan’ sekarang sudah tidak berfungsi bisbol, serta softball, berbagi akar sejarah yang sama seperti kasti dan memiliki kemiripan dengan versi GAA permainan. Rounders terkait dengan bisbol Inggris, yang masih bermain di Liverpool, Cardiff dan Newport. Meskipun kasti diasumsikan lebih tua dari bisbol, referensi sastra untuk bentuk awal ‘dasar-bola’ di Inggris pra-date penggunaan jangka kasti. Permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional.

6 komentar:

  1. Ad yg tau teknik tenis meja gk...???
    Aku lagi nyari tugas nih...tapi gk ketemu...tolong ya bantuannya...

    BalasHapus
  2. Hfvsb GC guess what the hell song download to save the file or files for soal yang onk downlvsbdgxfbthfboad using YouTube YouTube re ini untuk vdndbdhdbdhdhmengetahui 6bhbdbdhdgsygdcnfnxnfnfnfjfjffndh

    BalasHapus